Tutorial Mengurangi Noise Berlebihan Pada Kamera

Jika Anda adalah seorang fotografi maka tutorial mengurangi noise pasti sudah pernah Anda dengar sebelumnya. Noise adalah salah satu istilah dalam dunia fotografi yang biasanya ditemukan di hasil akhir foto. Noise sangat umum ditemukan pada sebuah foto jika diambil dalam keadaan gelap.

Noise adalah butiran butiran atau titik yang ditemukan pada sebuah foto. Biasanya noise pada foto akan mengganggu hasil akhir karena terlihat tidak smooth seperti yang diinginkan. Sebenarnya ada hal yang dapat menyebabkan noise terjadi pada hasil foto dan tentu saja ada cara agar bisa menguranginya.

Penyebab Terjadinya Noise yang Perlu Diketahui

Setelah Anda mengetahui apa itu noise maka sebaiknya Anda mengetahui penyebab terjadinya noise. Biasanya noise timbul akibat nilai besaran dari sensitivitas sensor kamera (ISO) yang sangat besar. Adapun nilai ISO yang normal akan berada pada kisaran angka diantara 100 hingga 6400.

Tentu saja angka tersebut bervariasi, bisa terjadi lebih besar ataupun lebih kecil. Besaran Iso biasanya akan ditentukan oleh jenis dan merk kamera digital (bisa juga merk smartphone) yang memiliki fitur kamera di dalamnya. Terjadinya noise karena Anda mengambil foto dalam keadaan gelap (kurang pencahayaan).

Artikel Menarik  Pilihan Aplikasi Masakan Terlengkap untuk Sehari-hari

Dalam keadaan yang gelap maka software kamera Anda akan memaksa untuk menaikkan besaran nilai ISO agar gambar yang diambil tetap terlihat terang. Tetapi efek samping dari hal tersebut adalah foto yang Anda ambil akan mendapatkan bayak noise. Hal ini biasanya lebih sering terjadi di smartphone.

Pada smartphone ukuran sensornya yang kecil akan menjadi tersangka utama dari masalah yang ada. Sensor yang ukurannya kecil tersebut akan susah dalam menangkap cahaya lebih banyak sehingga memaksa untuk foto terlihat terang tetapi dengan kualitas foto yang banyak ditemukan noise di dalamnya.

Cara Mengurangi Noise yang Terlalu Banyak

Namun bagaimana jika Anda sudah terlanjur mendapatkan foto namun dengan noise yang terlalu banyak? Tentu ada tutorial mengurangi noise yang bisa Anda terapkan. Cara pertama adalah dengan memainkan efek cahaya. Gunakan efek gelap pada foto yang diambil dengan pengaturan cahaya yang tepat agar noise tidak kelihatan.

Selanjutnya Anda bisa mengatur pada kamera Anda agar nilai ISO nya tidak terlalu tinggi. Menggunakan ISO rendah yang sesuai cahaya akan mengurangi kemungkinan noise yang terlihat. Mainkan fitur expose shadow ke arah panah positif agar noise tidak terlalu kelihatan.

Artikel Menarik  Cara Download Video Instagram Lewat Aplikasi dan Situs

Selanjutnya Anda bisa memilih fitur noise reductions agar hasil akhir foto tidak mendapatkan noise yang sangat banyak. Fitur tersebut dapat Anda aktifkan di software pengolah RAW seperti aplikasi Adobe Camera Raw atau Lightroom. Dua aplikasi tersebut bisa memanfaatkan fitur ini.

Sebagai seorang yang ahli dalam dunia fotografi Anda pasti menginginkan hasil gambar yang maksimal. Hasil yang baik akan membuat momen Anda terekam dengan sangat baik sehingga tutorial mengurangi noise jika Anda pelajari akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan kualitas gambar yang sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published.