Cara menulis rumus di word, sumber: (Wikipedia).

8 Cara Menuliskan Rumus di Word Dengan Mudah

Masih banyak orang yang kebingungan terkait cara menuliskan rumus di word. Biasanya fitur ini digunakan sat menulis rumus fisika, kimia, dan matematika. Biasanya anak sekolah hingga penulis perlu tahu terkait trik ini, agar proses pengerjaan semakin cepat dan efisien.

Microsoft word merupakan salah satu perangkat lunak populer dan banyak digunakan di dunia. Tentu saja perangkat dari Microsoft ini memiliki fitur yang super lengkap, salah satunya ya untuk membuat rumus. Nah, bagi kamu yang belum tahu cara menggunakan fitur tersebut, simak artikel ini sampai akhir ya.

Cara Menuliskan Rumus di Word

  1. Buka microsoft word

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi tersebut. Setelah aplikasi terbuka, pengguna dapat dengan mudah membuat, mengedit, dan memformat dokumen teks sesuai kebutuhan. Microsoft Word menyediakan antarmuka yang ramah pengguna, mempermudah proses pembuatan dan penyuntingan dokumen secara efisien.

  1. Menggunakan Equation Editor

Pilih tab “Insert” di menu atas, kemudian cari dan klik “Equation” atau “Rumus” (tergantung pada versi Word yang kamu gunakan).

  1. Memilih Tipe Rumus

Dalam Equation Editor, pilih tipe rumus yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ini bisa berupa rumus matematika dasar, simbol ilmiah, atau rumus khusus.

  1. Menyesuaikan dan Mengedit Rumus

Setelah memilih tipe rumus, gunakan fungsi Equation Editor untuk menyesuaikan dan mengedit rumus sesuai dengan keinginanmu. Kamu dapat menambahkan variabel, eksponen, akar, dan banyak lagi.

  1. Menyisipkan Rumus dalam Teks

Setelah membuat rumus, Anda dapat menyisipkannya langsung dalam teks dokumen Word kamu. Pilih lokasi yang diinginkan dan klik “Insert” atau “Sisipkan”.

  1. Menggunakan Simbol dan Notasi Khusus

Word juga menyediakan koleksi simbol dan notasi khusus yang dapat digunakan dalam rumus. Anda dapat mengaksesnya melalui menu “Symbol” di tab “Insert”.

  1. Menyimpan dan Berbagi

Setelah menuliskan rumus dengan memuaskan, pastikan untuk menyimpan dokumen Word Anda. Dokumen dapat dibagikan atau dicetak sesuai kebutuhan.

  1. Praktek dan Eksperimen

Berlatihlah menuliskan rumus dengan menggunakan Equation Editor. Semakin sering Anda melakukannya, semakin familiar Anda dengan berbagai fungsi dan opsi yang disediakan.

Artikel Menarik:  5 Cara Non-Aktifkan NSP Dengan Mudah Agar Pulsa Enggak Boncos

Ringkasan Menulis Rumus di Word Dengan Cepat

  1. Menulis rumus di tabel Microsoft Word, mulailah dengan membuka aplikasi dan pilih menu “Insert”. Setelah itu, klik “Equation” di sebelah kanan dan pilih “Insert New Equation” untuk masuk ke menu “Design”, di mana kamu dapat memasukkan rumus yang diperlukan sesuai kebutuhan.
  2. Untuk menulis rumus per atau pecahan, pilih opsi “Fraction” dan tentukan “Style” yang diinginkan. Kamu juga dapat memilih rumus umum dari menu “Common Fraction”. Isi dengan angka atau huruf sesuai dengan rumus yang ingin dibuat, dan jika perlu, tambahkan pangkat dengan mengklik “Script”.
  3. Untuk membuat rumus pangkat atau kuadrat di Microsoft Word, pilih menu “Script” dan pilih template atau gaya yang sesuai dari General Signatures dan Superscripts. Selanjutnya, pilih menu “Radical” untuk menambahkan akar. Pilih model atau gaya yang cocok dan gunakan menu kustom untuk menyesuaikan nilai yang ingin dimasukkan ke dalam pengaturan.
  4. Menulis rumus di Microsoft Word dengan menggunakan objek melibatkan beberapa langkah yang dapat diikuti dengan mudah. Setelah masuk ke lembar MS Word, langkah pertama adalah menekan menu “Add”. Dalam menu ini, temukan item di sebelah kanan dan tekan panah untuk mengakses opsi lebih lanjut. Setelah itu, pilih item lagi, dan ketika dua opsi muncul, klik “Object” lagi. Selanjutnya, pilih Microsoft Equation 3.0 dan tekan ‘OK’ atau bisa juga dengan mengklik dua kali Microsoft Equation 3.0.
Artikel Menarik:  Cara Membuka Blokir Whatsapp, Anti Ribet dan Tanpa Diketahui

Cara Menulis Rumus di Excel

Setelah memaparkan cara menulis rumus pada microsoft word, selanjutnya kami juga akan memberikan tips cara menulis rumus pada perangkat lunak excel, yaitu:

  1. Buka Excel

Buka aplikasi Microsoft Excel di perangkat kamu.

  1. Pilih Sel

Pilih sel tempat kamu ingin menulis rumus. Aktifkan sel tersebut dengan mengklik di dalamnya.

  1. Mulai Rumus

Mulailah rumus dengan mengetik tanda sama dengan (=). Tanda ini memberi tahu Excel bahwa kamu akan memasukkan rumus.

  1. Pilih Fungsi atau Operand

Setelah mengetik (=), kamu dapat memilih fungsi atau operand (angka, sel, atau nilai lainnya) untuk dimasukkan ke dalam rumus. Kamu bisa mengetik secara langsung atau memilih dari sel lain.

  1. Gunakan Operator

Gunakan operator matematika seperti + (penjumlahan), – (pengurangan), (perkalian), / (pembagian) untuk merangkai rumus sesuai kebutuhan.

  1. Tandai Sel untuk Referensi

Jika kamu ingin merujuk ke sel tertentu dalam rumus, tandai sel tersebut. Excel akan secara otomatis menambahkan referensi sel ke dalam rumus.

  1. Akses Fungsi

Jika menggunakan fungsi, mulai mengetik nama fungsi setelah tanda sama dengan (=) dan pilih dari daftar yang muncul. Lengkapi argumen fungsi sesuai kebutuhan.

  1. Periksa Rumus

Pastikan rumus kamu ditulis dengan benar dan tidak ada kesalahan sintaksis. Excel biasanya memberikan petunjuk atau memberi warna pada bagian rumus yang belum lengkap atau bermasalah.

  1. Tekan Enter

Setelah selesai menulis rumus, tekan tombol Enter. Hasil atau nilai dari rumus akan muncul di sel tersebut.

  1. Salin Rumus

Jika perlu, kamu dapat menyalin rumus ke sel lain dengan menyeret pegangan di pojok kanan bawah sel atau menggunakan Ctrl+C untuk menyalin dan Ctrl+V untuk menempel di sel lain.

Artikel Menarik:  3 Cara Menambah Halaman Pada Word Untuk Pemula

Nah, itu dia cara menuliskan rumus di microsoft word dengan mudah untuk pemula. jika ada pertanyaan lebih lanjut, silahkan tulis pada kolom komentar. Semoga bermanfaat!

 

Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments