contoh implementasi ai
contoh implementasi ai

Contoh Implementasi AI dalam Bidang Kesehatan

Saat ini AI (Artificial Intelligence) sudah berkembang pesat dan bahkan contoh implementasi AI sudah bisa ditemukan di berbagai bidang. Hal tersebut dapat terjadi karena tentu saja penerapan teknologi tersebut dianggap menguntungkan.

Sehingga banyak sekali para ahli di bidang tertentu ingin memanfaatkan teknologi ini. Ada beberapa manfaat yang dapat diambil jika sebuah perusahaan menggunakan teknologi tersebut.

Terutama dalam bidang mereka salah satunya adalah membantu dalam menetapkan keputusan, memberikan insight dan informasi aktual dan juga memberikan solusi dari sebuah masalah.

Manfaat yang Didapatkan Dalam Berbagai Bidang

Tidak hanya manfaat yang sudah disebutkan, ternyata teknologi AI juga dapat membantu dalam mitigasi bencana yaitu memprediksi terjadinya bencana alam sebagai bentuk kegiatan sosial yang peduli terhadap masyarakat Indonesia.

Saat ini bahkan AI sudah mulai diperkenalkan kepada anak anak karena seiring berkembangnya zaman maka anak anak generasi saat ini diharapkan lebih siap untuk menghadapi masa depan yang diprediksi akan serba digital karena memanfaatkan teknologi yang sudah ada saat ini.

Artikel Menarik  Amankan Data Pribadi Anda Dengan Cara Berikut!

AI sendiri seperti namanya adalah kecerdasan buatan yang dimasukkan dalam suatu sistem agar mesin tersebut dapat belajar dan menyesuaikan input input baru yang dimasukkan agar dapat melaksanakan tugas seperti layaknya manusia.

Contoh Implementasi AI dalam Bidang Kesehatan

Adapun salah satu contoh dari implementasi AI adalah dalam bidang Kesehatan. Dalam bidang Kesehatan ternyata teknologi tersebut sudah banyak digunakan salah satunya adalah mengelola rekam medis pasien.

Rekam medis akan berhubungan dengan informasi dan dengan adanya AI maka informasi tersebut dapat tersimpan secara otomatis dengan cepat. Selanjutnya AI juga bisa digunakan dalam aplikasi yang berfungsi untuk konsultasi digital.

Pengguna akan mengatakan keluhan mereka melalui pengenalan suara yang berfungsi untuk membandingkan dengan database penyakit yang sudah ada di dalamnya. Setelah dicocokkan dengan database penyakit.

Maka selanjutnya akan ditawarkan rekomendasi Tindakan. Bahkan saat ini di luar negeri sudah dimanfaatkan perawat virtual sebagai contoh implementasi AI.

Perawat digital tersebut berfungsi untuk memantau dan membantu pasien dalam melakukan kelanjutan perawatan jika sedang berada jauh dari jangkauan dokter dan rumah sakit.

Artikel Menarik  5 Bentuk Drone Paling Aneh dan Memiliki Keunikan

Biasanya perawat digital digunakan bagi pasien yang sedang menderita penyakit kronis sehingga harus tetap dipantau setiap hari selama 24 jam agar dokter tetap mendapatkan informasi terbaru terkait Kesehatan pasien.

Selanjutnya adalah hal baru seperti presisi pengobatan dimana saat ini sedang berusaha dicanangkan bahwa genetika pasien akan dicocokkan dengan daftar obat yang paling efektif dalam menyembuhkan penyakit pasien.

Sehingga tidak lagi mengkonsumsi obat yang kefektifannya berbeda untuk satu individu dengan lainnya. Pemindaian tubuh juga dapat dilakukan dengan AI sebagai bentuk preventif agar pasien mengetahui sejak dini apakah terdapat penyakit kronis yang saat ini diderita.

Karena dunia kesehatan yang terus mengalami perkembangan membutuhkan teknologi yang paling efektif dan efisien. Sehingga terdapat banyak sekali contoh implementasi AI dalam bidang kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *