internet of things
internet of things

Fakta Internet of Things Pada Bidang Teknologi

Internet of things merupakan temuan baru dalam bidang koneksi jaringan. Nantinya akan dimasukkan pada suatu perangkat untuk memperoleh informasi. Proses pengambilan informasi ini sendiri dilakukan secara otomatis.

User semakin senang karena pengalaman penggunaannya bersifat kohesif. Segala macam hal yang berhubungan dengan internet dapat digabungkan. Hasilnya semua informasi yang dibutuhkan pasti segera didapatkan.

Mengenal Bagusnya Internet of Things

IoT dikenal memiliki sedung manfaat dalam segala macam bidang. Tidak heran jika digunakan oleh jutaan user di seluruh dunia. Bahkan bidang teknologi seperti Smart Home dan Smart City ditambahkan.

1. Jumlah Pengguna

Fakta pertama mengenai IoT yaitu mengenai sebarap banyak jumlah pengguna. Ternyata sudah ada lebih dari 20 miliar perangkat sudah ikutan terhubung. Bahkan majunya tahun, pasti akan terus bertambah penggunanya.

Di antara user tersebut, 6 miliarnya adalah pengguna smartphone. Di mana memang menjadi gadget yang paling banyak dipakai saat ini. Tidak heran jika teknologi internet ini juga masuk dalam gadget.

Artikel Menarik  Pengaturan Mode Pesawat, Kapan dan Apa Manfaat Mengaktifkannya

Sekarang hampir setiap manusia memiliki smarpthone sebagai alat sehari-hari. Terutama orang yang hidup di wilayah perkotaan. Maka dari itu mustahil jika user IoT itu tidak bertambah banyak.

2. Untuk Smart Home

Saat ini teknologi tersebut sudah dipakai untuk Smart Home. Bukan hanya sekedar di rumah saja, melainkan kantor perusahaan. Hal ini sudah berhubungan dengan jaringan tanpa kabel, misalnya Bluetooth dan Zigbee.

IoT membuat segala teknologi rumahan meningkat secara drastis. Makanya bersifat modern dan terasa hidup di masa depan. Tidak heran jika penjualan Smart Home diperkirakan meningkat sangat pesat.

3. Penggunaan Pada Smart City

Selain dalam bidang Smart Home, Internet of Things sudah terlihat penggunaannya pada Smart City. Terlebih kota pintar selalu menjadi ide utama teknologi tersebut. Bahkan kebanyakan mengumpulkan konsep tersebut.

Sayangnya aplikasi semacam ini baru banyak ditemukan di berbagai kota besar eropa. Kalau wilayah asia seperti Indonesia masih cukup tertinggal. Tapi tidak menutup kemungkinan akan menyusul perkembangan eropa.

4. Aman dari Serangan Cyber

Aman dari serangan Cyber akan menjadi keuntungan selanjutnya. Terlebih saat ini bisnis online akan mengambil basis berupa IoT. Disini risiko yang paling banyak muncul mungkin berupa malware atau DDoS.

Artikel Menarik  Perbandingan Android dan iPhone secara Spesifik

Belum lagi potensi negatif seperti kesalahan dari sang user itu sendiri. Nantinya akan efektif juga untuk menurunkan potensi pelanggaran keamanan. Infrastruktur pembangunan bisnis semakin kuat dari sebelumnya.

5. Fungsinya di Berbagai Bidang

IoT dari segi fungsinya di berbagai bidang ternyata cukup mengejutkan. Misalnya dalam bidang kesehatan yang sudah lama digabungkan. Apalagi kalau dalam bidang kesehatan, pasti dipakai dalam waktu lama.

Selain bidang kesehatan, industri juga selalu menggunakan IoT. Manufaktur maupun pembuatan produk apapun memakai sistem dari IoT. Manusia akan tersingkir lebih banyak disebabkan oleh penambahan robot.

Sementara itu dalam bidang energi juga akan dibantu supaya lebih efisien. Biaya yang keluar cukup minim sehingga selalu hemat pengeluaran. Secara otomatis, maka sektor teknologi yang lebih dimaksimalkan.

Sebenarnya masih ada kemungkinan kalau IoT itu dipakai pada bidang keamanan industri konstruksi. Meski tidak secepat bidang lainnya tapi tetap bermanfaat. Jadi, internet of things semakin bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.