teknologi wireless masa depan
teknologi wireless masa depan

Teknologi Wireless Masa Depan, Kelebihan dan Kekurangannya

Teknologi wireless masa depan memanfaatkan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisi data. Perkembangannya terus berjalan dari masa ke masa. Manusia bisa merasakan beribu manfaat dari perkembangan tersebut.

Manusia bisa menghubungkan dua atau lebih banyak perangkat tanpa perlu menggunakan jaringan berupa kabel. Jika zaman dahulu perlu kabel sebagai media perpindahan data, sekarang hal itu tidak perlu lagi.

Penggunaan telepon seluler adalah contoh dari sekian banyak pemanfaatan sistem nirkabel. Tidak ketinggalan juga WiFi atau wide fidelity yang memungkinkan banyak komputer melalui jaringan internet.

Teknologi Wireless Masa Depan Memiliki Keunggulan dan Kekurangan

Perkembangan teknologi memberi ribuan manfaat bagi kehidupan umat manusia di bumi. Keberadaannya sangat meringankan serta menunjang aktivitas sehari-hari. Berikut penjelasan detail mengenai manfaat apa saja yang ditawarkan.

Nirkabel, artinya tidak membutuhkan jaringan kabel dalam proses kerjanya. Penggunaan jaringan kabel dinilai tidak praktis serta menyulitkan. Dari segi estetika, susunan kabel-kabel kurang enak dipandang mata.

Perangkat mobile saat ini sudah mengadaptasi sistem nirkabel, penggunaannya bisa diamati pada pasar gadget tahun 2021. Hampir semua gadget serta alat elektronik sudah dilengkapi fitur tanpa kabel.

Artikel Menarik  Pengaturan Mode Pesawat, Kapan dan Apa Manfaat Mengaktifkannya

Kecanggihan perkembangan teknologi saat ini telah mendukung transfer data secara cepat seperti kilat dalam hitunga beberapa detik saja. Dengan memanfaatkan topologi jaringan komputer, transfer data menjadi lebih stabil.

Jangkauan sistem nirkabel mampu mencapai area lebih luas, berbeda dengan sistem kabel yang membutuhkan biaya operasional sangat tinggi. Jaringan wireless bisa menghubungkan banyak orang ke seluruh penjuru dunia.

Tidak ada benda yang benar-benar bersifat sempurna. Beberapa fakta berikut menjadi pertimbangan calon konsumen sebelum menggunakannya. Simak pembahasan berikut secara lengkap agar paham dengan informasi.

Walaupun dikenal bisa mengurangi anggaran untuk operasional, dalam perkembangannya sistem nirkabel juga membutuhkan biaya instalasi tidak murah. Apalagi untuk pemasangan pada jangkauan lebih luas dan berbagai jenis hardware.

Cuaca juga menjadi faktor utama dalam keberhasilan memancarkan sinyal. Karena sistem nirkabel melakukan transmisi data melalui media udara. Apabila cuaca buruk maka transmisi data akan menjadi terganggu.

Teknologi Wireless Masa Depan Pengganti WiFi

WiFi adalah salah satu penggunaan sistem wireless, sudah dimanfaatkan banyak orang untuk mengakses internet. Namun ternyata, WiFi sudah mempunyai pengganti yang disebut dengan Li-Fi atau light fidelity.

Artikel Menarik  Beberapa Pilihan Handphone Murah dengan Baterai Besar

LiFi saat ini sedang diuji dan dipersiapkan untuk kegiatan transmisi data dalam kecepatan 1 Gbps. Dengan kecepatan super, LiFi diklaim bisa bekerja ratusan kali lebih efektif daripada generasi lama.

Mengunduh file besar seperti video atau film beresolusi tinggi bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik. Pengganti WiFi ini pertama kali dikembangkan pada tahun 2011 oleh profesor dari University of Edinburg.

Keberadaan LiFi saat ini berhasil diubah menjadi sebuah perangkat kecil buatan startup Estonia, Vélmenni. Uji coba teknologi wireless masa depan ini sedang dilakukan pada beberapa lokasi industri dan perkantoran Estonia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.