bioinformatika dalam teknologi
bioinformatika dalam teknologi

Pentingnya Bioinformatika Dalam Teknologi Berbagai Bidang

Perkembangan dunia sains dan teknologi melahirkan bioinformatika dalam teknologi. Seperti Namanya bahwa bioinformatika terlahir dari dua disiplin ilmu yakni Teknik informatika dan juga ilmu sains yaitu biologi.

Kedua disiplin ilmu tersebut saat ini sudah banyak digunakan. Pada awalnya bioinformatika digunakan dalam teknologi pada bidang Kesehatan.

Sistem tersebut bekerja dengan menginterpretasikan data data sains yang sangat rumit dan komplek menjadi informasi yang mudah dipahami. Manajemen data yang lebih baik diharapkan dalam proses perilisan informasi biologi yang kompleks.

Mengenal Tentang Bioinformatika Dalam Teknologi

Teknologi yang menggunakan sistem tersebut akan menggunakan pemodelan yang sedemikian rupa seperti pemodelan matematika dari ekosistem, selanjutnya pemodelan dinamika populasi, hingga penerapan studi perilaku.

Teknologi yang digunakan dengan menerapkan sistem ini akan sangat bermanfaat. Adapun data atau informasi yang didapatkan melalui studi genomics, transcriptomic, proteomics dan lainnya.

Adapun ruang lingkup penelitian dan cara kerja pada dunia bioinformatika meliputii proses pengumpulan data dan analisis data biologi dengan Teknik komputasi.

Disiplin Ilmu Bioinformatika dalam Dunia Kesehatan

Jika pada awalnya bioinformatika dalam teknologi hanya digunakan pada teknologi di ranah kedokteran saja, seiring berjalannya waktu banyak bidang yang sudah mulai menggunakan sistem ini seperti bidang pertanian, industri pangan, dan lain sebagainya.

Artikel Menarik  Ciri Laptop Kena Virus yang Banyak Tidak Disadari Pengguna

Tentu saja karena dianggap teknologi bioinformatika memberikan keuntungan yang baik. Teknologi yang menerapkan bioinformatika seperti dalam dunia kedokteran akan bermanfaat dalam menunjang kegiatan pemeriksaan.

Seperti informasi klinis, identifikasi mutasi gen penyebab penyakit, terapi gen, dan pengobatan secara perorangan melalui profil genetic setiap pasien. Cara kerjanya adalah dengan memberikan terlebih dahulu data pasien.

Kemudian dilakukan skrinning terhadap materi genetiknya setelah itu data materi genetic pasien akan terekam dalam sebuah GenBank. Kemudian dokter akan melihat apakah terjadi kelainan dalam sel yang ada di pasien.

Jika terdapat kelainan maka bioinformatika dalam teknologi tersebut akan dengan mudah membaca dan memberi informasi sehingga dokter akan melihat akar masalah dan memberikan solusi.

Bahkan informasi terakhir didapatkan kelak dengan menerapkan sistem ini maka setiap orang yang sakit akan diberikan obat yang sesuai. Maksudnya sesuai adalah sesuai dengan materi genetic dari setiap pasien.

Beberapa dokter percaya bahwa materi genetic setiap pasien yang berbeda akan memberikan respon yang berbeda terhadap obat yang dikonsumsi sehingga hal tersebut akan mengefektifkan dan mengefisienkan cara kerja obat di tubuh pasien.

Artikel Menarik  Spesifikasi iPhone 11 yang Masih Layak untuk Digunakan

Selain itu juga, penerapan ilmu ini diharapkan mampu mengidentifikasi agen penyakit baru dengan cepat. Sehingga diagnosis penyakit tersebut dan solusi untuk penemuan obat dapat dilakukan dengan cepat.

Hal ini untuk menghindari hal buruk pada pasien yang tidak diinginkan. Tentu saja setiap perkembangan di dunia teknologi dan sains yang dilakukan bertujuan untuk mendapatkan kemudahan bagi dokter dan pasien.

Bioinformatika dalam teknologi akan sangat memudahkan pekerjaan tidak hanya di bidang Kesehatan saja, tetapi diharapkan untuk bisa merambah ke bidang lainnya juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.